10 Rahasia penting MENULIS artikel SEO freindly

Menulis adalah lebih merupakan seni ketimbang keahlian, tapi bukan berarti bahwa anda harus mencapai level tertentu dalam ilmu tulis-menulis untuk bisa menghasilkan tulisan yang baik. Konten atau artikel yang anda buat sangat berpengaruh terhadap traffic blog/web anda, konten yang baik juga bisa membantu anda meningkatkan rangking di mesin pencari. Hal ini sering disebut sebagai Seo on page.


rahasia seo menulis
Dalam membangun seo on page salah satunya adalah konten atau artikel. Ada beberapa unsur yang harus di perhatikan terhadap artikel yang anda tulis. Dengan artikle yang baik anda bisa submit ke beberapa situs artikel direktori hal ini juga akan membantu dalam seo blog anda di mata mensin pencari dan SERP.

Berikut beberapa unsur yang harus anda perhatikan:

1. Isi artikle
Tidak peduli apa yang Anda tulis, perlu diketahui bahwa apa yang anda tulis memiliki potensi untuk menjangkau pembaca yang besar di luar manfaat SEO. Blog, artikel dan isi blog yang baik akan memberikan manfaat untuk penbaca anda. Artikel yang UNIK dan menyajikan suatu hal yang bisa MENARIK banyak perhatian pembaca bisa meningkatkan hasil pencari di mesin pencari.

2. Judul artikle
Judul artikel dari tiap konten yang anda tulis menjadi bagian paling penting dan krusial. Anda hanya mempunyai waktu kurang dari 7 detik untuk mengikat perhatian pengujung blog anda yang selanjutnya menuntun mereka mambaca keseluruahan dari artikelnya. Pastikan bahwa judul artikel anda bisa menggambarkan dari keseluruhan isi artikel anda. Sebisa mungkin masukkan kata kunci di awal judul artikel untuk membantu program SEO Ampuh anda.

3. Fokus pada Topik
Ini yang sering saya alami ketika mulai menulis tiba-tiba (tuing-tuing-tuing...muncul ide-ide baru) dan tanpa sadar hanyut dengan ide-ide baru tersebut, sehingga melupakan apa yang telah direncanakan. Menjaga untuk tetap FOKUS pada topik yang anda bahas akan lebih memberikan pencerahan kepada pembaca anda, sehingga mereka tahu maksud dan tujuannya, bukan malah membuat mereka binggung dan bertanya; mau di bawa kemana nih?

Jika muncul ide-ide baru usahakan tulis di secarik kertas agar tidak hilang, dan anda masih bisa menuliskanya pada artikel selanjutnya walaupun masih berkaitan dengan topik yang anda tulis sekarang.

4. Sebarkan Kata Kunci di keseluruhan artikle
Ini merupakan bagian penting dari SEO On page penyebaran kata kunci (keyword density) yang ideal memberikan nilai tersendiri di mata search engine. 3-5% adalah jumlah yang ideal kata kunci dalam sebuah artikel.

5. Over Kata Kunci 
Beberapa orang menjejalkan semua kata kunci artikel mereka ke dalam bagian awal artikel. Hal ini terlihat tidak profesional dan bisa di anggap SPAM karena semua kata kunci yang terkait Anda akan berjalan bersama-sama pada halaman. Sebarkan kata kunci Anda secara merata di seluruh artikel sehingga mereka tampak lebih natural. Penyebaran kata kunci yang berlebihan juga bisa manggangu kenyamanan pembaca, artikel anda menjadi sangat tidak enak untuk di baca.

6. Tambahkan Kata Kunci pada Profil
Apakah Anda sering menulis untuk media tertentu, mengirimkan artikel ke artile direktori? Jika itu yang sering anda lakukan ada baiknya anda menyisipkan beberapa kata kunci ke dalam profil anda. Dengan menambahkan kata kunci ke dalam biografi anda memberikan kesempatan untuk optimasi website anda

7. Menulis dengan hirarki Tag
Manfaatkan hirarki tag h1, h2, h3,,,,dan seterusnya akan membantu Google dan mesin pencari mengenali bagian-bagian penting dari artikle anda. Pastikan Anda menggunakan tag h1 untuk judul dan tag h2 untuk sub judul, dll Anda juga harus menerapkan konsep ini untuk tulisan Anda, menempatkan informasi yang paling menarik di depan.

8. Gunakan META Deskripsi
Pastikan bahwa artikel Anda memiliki deskripsi META - deskripsi 150 karakter isi – dan masukkan kata kunci didalamnya. Penggunaan META deskripsi adalah cara Google untuk mengenali konten Anda dan memberikan nilai yang lebih besar.

9. Tulisan orisinil
Search engine akan menghukum situs yang mempublikasikan duplikat konten yang sudah ada secara online. Pastikan bahwa konten Anda segar dan orisinal, bukan hanya "copy paste" dari artikel yang sudah ada.

10. Pilih Gambar yang relevan
Gambar yang menarik dan relevan dengan konten Anda akan menarik perhatian pembaca. Anda dapat menggunakan tools pencari dari Creative Commons di http://www.bad-neighborhood.com/creative-commons-image-search.htm untuk menemukan gambar-gambar menarik yang bebas untuk digunakan tanpa risiko pelanggaran hak cipta.

Nah,,,itulah 10 Rahasia penting MENULIS artikel SEO freindly.  Jika anda sudah mengetahuinya sekarang apa yang membuat artikel anda tidak layak di baca, maka dengan menerapkan 10 langkah diatas akan memberikan nilai baru artikle anda di mesin pancari.

Apapun yang anda tulis hanya ada 2 type pengunjung web/blog anda yaitu, spider search engine dan para pembaca anda. Jadi pastikan anda menulis konten yang baik untuk keduanya. Kemampuan menulis anda akan semakin baik jika anda terus Action,,,menulis,,,menulis,,,dan menulis.

Related Posts
Latest

14 comments

15 Juli, 2010

menarik bgt mas...boleh saya coba tuch

Reply
avatar
15 Juli, 2010

@Tianshi Indonesia, COZYBLOG: silahkan di coba pasti hasilnya lebih mantap !!!

Reply
avatar
23 Juli, 2010

Artikel yang bermanfaat. namun pesan saya jangan sampai lupa untuk konten/isi dari artikelnya tetap berisi manfaat. jangan sampai karena terlalu SEO-minded malah mengurangi nilai informasi atu justru membuat bingung bagi pembaca.
Salam ACTION!

Reply
avatar
24 Juli, 2010

@Joko Susilo: yup...betul sekali,,,makasih masukkannya!!!

Reply
avatar
12 Agustus, 2010

Salam Kenal dariku, artikel menarik :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

Reply
avatar
28 Desember, 2010

hihihihihi.. makasih tipsnya om.. siap di praktekin deh pokoknya..

Reply
avatar
14 Februari, 2011

mantap Info nya,,,,....

Reply
avatar
20 Maret, 2011

Wah..sangat Benar tu mas, kadang mencari ide itu lebih sulit dari pada menuliskannya.
terima kasih mas..artikelnya sangat membantu.Semoga tambah sukses
salam kenal

Reply
avatar
11 April, 2011

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

Reply
avatar
26 April, 2011

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

Reply
avatar
16 Juni, 2011

Sangat bermanfaat ..
ditunggu sharingnya bray :)

salam sukses semangat !

Reply
avatar